For more information request you can open your twitter. Just follow me :

Penyebab Komputer Lambat

Untuk yang masih awam dalam dunia perkomputeran rata-rata beranggapan komputer telah terjangkit virus apabila komputer tersebut mengalamai lemot, berat saat mengoperasikan aplikasi, sering not responding, susah booting dan lain-lain. Dan solusi paling mudah untuk mengatasinya adalah install ulang operating sistemnya (OS).
Sebenarnya pendapat tersebut tidaklah salah namun tak sepenuhnya benar juga. Karena gejala-gejala yang telah disebutkan tadi tidak selamanya menandai bahwa komputer kita terserang virus. Banyak faktor yang menyebabkan laptop menjadi lemot jadi sebelum memutuskan untuk menginstal ulang komputer anda sebaiknya pastikan apakah laptop anda benar-benar terserang virus atau tidak. untuk memastikannya sebaiknya lakukan beberapa langkah berikut sebagai bahan acuan:
1.    Pastikan kapasitas memori/RAM tidak terlalu penuh
Kapasitas RAM yang terlalu penuh pasti akan memperlambat kinerja komputer anda untuk itu cobalah untuk menghapus data-data yang tidak terlalu penting atau data-data yang tidak lagi diperlukan untuk menambah space memori.
2.    Terlalu banyak menginstal aplikasi
Terkadang anda tanpa sadar menginstal beberapa aplikasi atau game yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Semakin banyak aplikasi yang terinstal di dalam komputer maka akan semakin mempersempit kapasitas memori komputer anda. Uninstall aplikasi-aplikasi yang tidak terlalu diperlukan. Bisa melalui program bawaan windows atau aplikasi uninstaller.
3.    Terlalu banyak startup yang berjalan
Semakin banyak aplikasi yang terinstal dikomputer maka semakin banyak pula startup program yang berjalan dibelakangnya. Untuk itu sebaiknya menonaktifkan startup-startup tersebut, bisa  menggunakan beberapa aplikasi seperti Tune up utilities atau C-cleaner yang bisa anda searching dan dapatkan melalui google.
4.    Jumlah temporary file dan recycle bin yang membludak
Jumlah file-file temporary (sementara) dan data di recycle bin yang jumlahnya sudah sangat banyak dan tidak pernah dihapus juga akan memperlambat kinerja komputer. Bersihkan data-data tersebut untuk meringankan kerja komputer.
5.    Terlalu banyak security program
Antivirus memang sangat diperlukan untuk melindungi komputer anda dari bahaya virus-virus nakal yang proses penyebarannya sangat cepat  baik melalui internet maupun flashdisk. Namun jika anda menginstal program-program security seperti antivirus ini dalam jumlah yang banyak maka hanya akan memperparah keadaan komputer anda. Sebaiknya cukup menggunakan satu antivirus yang dirasa paling sesuai dengan kebutuhan anda dan jangan lupa untuk selalu mengupdate supaya komputer anda tetap terbebas dari virus.
6.    Terinfeksi virus, malware atau spyware
Kemungkinan terakhir komputer kita menjadi lambat bisa jadi memang karena komputer kita telah terinfeksi oleh virus, malware ataupun spyware. Namun jangan buru-buru mengambil kesimpulan untuk menginstal ulang OS windowsnya. Cobalah untuk menginstal antivirus paling update kemudian lakukan full scan. Jika dirasa memang sudah tidak bisa tertolong barulah anda boleh menginstal ulang windowsnya.

0 comments:

Post a Comment